Informasi Kekinian

Computer, PC, Laptop, Computer Sales, Computer Gamming, Laptop Computer, Best Computer, Custom Computer, Notebook, Computer Store, Laptop Sales, Desktop Computer Deals, Laptop Pcs, Desktop, a computer, Computer Companies, Laptop Computers.

Komputer Kiniku. Diberdayakan oleh Blogger.

Hal yang harus diperhatikan oleh pengguna Komputer


Banyak pengguna Komputer atau PC Destop yang tidak tahu bagaimana cara merawat PC. 
Berikut diinformasikan beberapa hal perlakuan yang harus dihindari oleh para pengguna PC terutama untuk produk kategori desktop.

Lupa Membersihkan

Sirkulasi udara yang baik di dalam PC adalah hal yang patut diperhatikan, karena itu menentukan performa perangkat. Aliran udara yang terhalang di dalam PC, seperti oleh debu dan kotoran lainnya bisa mengakibatkan perangkat terutama pada piranti prosesor cepat terjadi overheating. Tingkat panas berlebih ini bisa menjadikan perangkat kehilangan kinerjanya, kerusakan permanen pada komponen dan tentunya penyesalan.

Untuk itulah, selalu ingat untuk melakukan pembersihan PC secara berkala, perhatikanlah kipas pendingin maupun lainnya agar selalu berjalan baik. Sehingga tidak ada permasalahan di lain hari yang merugikan.

Perhatikan Daya Listrik

Sumber listrik yang tidak stabil bukan hanya berdampak pada sistem komputer saja yang rusak, hal tersebut juga bisa mempengaruhi komponen di dalamnya. Yakinkan perangkat komputasi mendapat pasokan listrik yang baik, untuk menjaga kinerja perangkat. Ada baiknya pengguna menggunakan uninterruptible power supply (UPS) untuk menjaga pasokan listrik tetap stabil.

Selain itu, pengguna sebaiknya memerhatikan terminal listrik yang ada pada dinding, jika memang perangkat lama tidak digunakan sebaiknya lepas pencatu daya dari terminal. Namun, jika memang sering digunakan, pastikan kabel tersebut selalu terpasang, karena untuk menjag kualitas dari terminal itu sendiri.

Monitor PC

Saat ini perangkat PC Desktop memang lebih banyak menggunakan monitor jenis LCD, sehingga diperlukan perhatian khusus. Namun, hal yang terpenting dalam kasus ini adalah selalu ingat secara berkala mengenai waktu pembersihan monitor, sehingga hal tersebut juga bisa menjangkau kesehatan perangkat dan penggunanya.

Untuk membersihkan sebuah layar datar memang diperlukan sebuah perhatian khusus. Cara yang tepat untuk membersihkannya ialah, pengguna bisa menggunakan air hangat yang telah diberi sedikit sabun pembersih. Namun sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu permukaan dengan kain lembut dari kotoran yang halus. Lalu, masukkan kain ke dalam air hangat yang telah tercampur sabun tersebut. 

Penyimpanan Eksternal

USB Drive adalah penyimpanan eksternal yang memang saat ini sudah banyak dikenal, namun terkadang hal yang sering dilanggar oleh pengguna adalah saat melepas drive dari perangkat. Pastikan USB Stick yang tertancap dalam PC dimatikan terlebih dahulu dari sistemnya, karena hal tersebut untuk sekaligus mematikan pasokan daya listrik ke USB Stick. Sehingga umur USB Drive pengguna bisa lebih lama.

Untuk piranti drive lainnya adalah DVD atau CD-ROM, pastikan pengguna untuk memasukkan CD atau piringan DVD melalui tombol ejector atau juga melalui perintah dalam sistem. Sehingga tray atau baki tempat DVD tidak mengalami kerusakan fatal.

Shut-Down PC

Mematikan perangkat PC memang dapat dilakukan dengan beragam cara, namun pastikan perintah mematikan tersebut diiringi dengan sistem yang sedang tidak berjalan atau melakukan proses. Seperti membuka game atau aplikasi lainnya, kemudian pengguna bisa melakukan shut-down sistem untuk mematikan perangkat.

Perlu diingat, jangan pernah melakukan proses matikan listrik dengan cara mencabut kabel terlebih dahulu, jika memang ada sesuatu yang memaksa harus mematikan PC dengan cepat. Lakukan dengan menekan tombol power yang lama, tahan beberapa detik tombol tersebut dan pastikan semua lampu indikator dan maupun bunyi dalam perangkat berhenti sebagai tanda bahwa piranti sudah berhenti bekerja.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Hal yang harus diperhatikan oleh pengguna Komputer"

Terima kasih atas kunjungannya

 
Semua Karena Cinta Semua Karena Cinta
Back To Top